Kumpulan Cerita Waktu Masih Sekolah

Jumat, 04 September 2015

Sakitnya Sampai Sekarang

14.21 Posted by Pernah Sekolah No comments
Masuk Assalaam secara "terpaksa" karena keinginan Papa, awalnya bikin berat ngejalani kehidupan pondok setiap harinya. Belum punya temen, suasana yang asing dan setumpuk aktifitas baru yang harus dijalani secara mandiri. Duuuuh bawaannya nangis pengen pulang. Perasaan sedih dan terluka (tsaah) karena ngerasa Papa kok tega banget sih "ninggalin" anaknya di sekolah yang jauuuuh dari rumah dan harus ngapa-ngapain sendiri. Apalagi pas masuk pondok, kondisi fisik lagi drop habis operasi amandel, belum bisa makan (nelen ludah aja sakit), ngeludah juga masih darah, jadi terpaksa makan cuma bubur bayi instan T__T, tiap hari kerjaan cuma antri nelepon di wartel pondok. (Mamaaaa pulaaaaang T__T)..

Dijalani tiap hari, mulailah terbiasa sama ritme pondok. Temen juga udah mulai banyak, mulai adaptasi sama pelajaran pondok yang bejibun, kesibukan-kesibukan luar kelas juga bikin pikiran lama-lama teralihkan dari pengen pulang. Kalau lagi sedih udah gak lari ke wartel lagi, larinya ke Reservoir (tempat cuci umum) buat ngucek-ngucek baju (ga sambil joget kucek bilas!!) tapi sambil ngulang-ngulang hafalan tugas-tugas kelas :p

Beratnya adaptasi di pondok pasti dialami sama semua santri, jadi kitanya bergiliran saling menguatkan :D kalau ada temen yang sakit atau lagi homesick ya sebisa mungkin kita hibur, ntar pas giliran kita, mereka yang sok-sok nguatin xixixi... Bayangin aja, santri-santri baru ini umurnya paling baru sekitar 12 – 13 tahunan, masih imut-umut unyu butuh kasih sayang gitu, trus tiba-tiba harus ngurusin diri sendiri dari bangun tidur (sebelum subuh) sampe tidur lagi (di atas jam 9 malam). Alhasil, itu yang namanya UKP (Unit Kesehatan Pondok) adalah tempat favorit para santri buat didatengin, dikit-dikit demam lah, meriang lah, maag lah, pokoknya sakit ala-ala manja anak mamaa :D

Selain berat adaptasi kehidupan pondok, kalau aku pribadi juga berat banget adaptasi sama pelajaran pondok. Banyak pelajaran-pelajaran baru yang terasa amat sangat sulit (pada jamannya). Contohnya: Bahasa Arab, Muthola'ah, Nahwu, Shorof, Fiqh, Sejarah Kebudayaan Islam, Aqidah Akhlak, Qur'an Hadits, Hafalan Surat, dll. Ibaratnya ni, aku yang berasal dari jaman jahiliyah yang gelap gulita baru mau masuk jaman rennaisance yang penuh pencerahan, jadi belajarnya berat banget :D. Kemana-mana bawa buku, ke masjid, ke dapur, ke taman, ke lapangan basket, seolah-olah baca padahal mah gak tau juga bawa buku buat apaan. Lama kelamaan mulai selow, udah nemuin pola belajar yang pas, paling efektif itu sebelum subuh sama pas di masjid (antara maghrib ke isya).

Setelah mulai nyaman sama rutinitas, pergaulan juga meluas. Kenal sama kakak-kakak kelas, dari yang sama-sama di tingkatan MTs sampai kakak-kakak kelas dari MA/SMA. Mulai mencari "kiblat" panutan kakak kelas buat jadi patern gaya berjilbab, gaya pake bawahan mukena, sampai pilihan-pilihan ekskul yang diikuti (wkwkwk). Kadang standar kita buat jadiin kakak kelas itu patokannya juga absurd, pokoknya asal suka aja. Kalo aku selalu seneng sama kakak kelas yang jilbabannya rapi berbentuk kotak klimis hahaha trus kalau pakai baju well gromed cocok sama jilbabnya :D. Jadilah obrolan sehari-hari ngebahas siapa sih kakak kelas yang "keren" dan bisa di"pdkt-in" (ibaratnya kalau di sekolah luar itu prestis banget kalau bisa deket sama senior yang gaul dan keren). Bukannya dalam artian kita naksir mereka yaa (naudzubillahi min dzalik), yaa karena setiap saat kita di berada di lingkungan cewek semua, yang dibahas ya sesama inilah. Bahasa gaul pondoknya adalah: "ngefans" :)

Bermula dari ngefans ini, pengennya kita tuh jadiin mereka kakak-kakakan kita. Soalnya, kalau udah jadi kakak-kakakan, lumayan bisa naikin gengsi di mata sesama temen angkatan, makin dikenal juga sama angkatan atas, plus aman laah dari gangguan-gangguan pemalakan to'am (makanan) dll.

Emmm entah mulai darimana, terdengarlah gosip-gosip (gak tau siapa yang ngegosok tapi makin sip), kalau aku ngefans sama senior SMA (yang terkenal karena salah satu ekskul, pembina kamar rayon juga), padahal akunya blm ngefans :( cuma pernah bilang kalau mbak itu keren. Trus gak tau bagaimana, gosip itu nyebar dan dampaknya tragis banget buat  aku :(

Sejak gosip itu beredar, mulai banyak senior kelas 2 MTs yang nyariin aku. Awalnya aku sempet GR malah, kirain keren banget gitu kan dicariin sama senior sampai pada ke kamar. Tapi kok ternyata bukan perlakuan yang menyenangkan yang aku dapet (huks ingetnya aja sedih bgt).. Ternyataaaa.. mereka gak terima aku ngefans sama senior SMA itu (sebut saja Mba Nanas). Karenaaaaaa, jadi gini, ada aturan main di pondok kalau per angkatan itu berpasangan dengan angkatan yang berbeda 2 tahun di atasnya. Jadi kalau misal sekarang aku kelas 1 MTs, maka pasangan angkatan kita itu kelas 3 Mts. Mba Nanas ini anak kelas 1 SMA, yang artinya berpasangan dengan anak kelas 2 Mts. Jadilah mereka gak terima kalau pasangan angkatannya difans sama anak kelas 1 Mts.

Belum ketauan awalnya bagaimana, udah makin nyebar aja, namaku makin terkenal di kalangan anak 2MTs, makin banyak yang nanyain dan nyariin. Pembimbing kamarku yang anak 2MTs jagi sering didatengin teman-temannya cuma biar bisa tau yang namanya Septi. Awalnya cuma gitu-gitu aja, kalau papasan sama mereka diliatin dari atas sampe bawah dengan tatapan sinis panas membakar tulang sumsum, lama-lama makin parah... yang kalau ketemu diludahin lah (cuih cuih cuuuuuuuuuiiiiih), trus disindir-sindir pakai kalimat yang (dulu) nyakitin banget (ex.: heh anak Tegal, pede banget sih lo ngefans Mba Nanas, norak!) (heh, kamu yang namanya Septi ya?? iih ganjen banget siiih cuuuih) (ooo jadi kamu yang ngefans Mba Nanas, awas ya berani deket-deket) and.. and... and.. many... sampaaaaaaiiii aku dipanggil sama gerombolan genk yang menurutku dulu paling nyeremin, malem-malem disuruh dateng ke kelas kosong di kopel 1, kalau gak salah inget aku dianter Renjul, Nunik, sama Ni Galuh. Pas sampai sana, aku disuruh masuk kelas sendirian. Di dalemnya udah ada 6 - 7 anak kelas 2 MTs (sampai sekarang aku masih inget wajah-wajah di malam itu :( (hmm camkan! wkwkwk)...

sumber gambar dari: tuliside.com

Lalu mulailah aku diinterogasi dengan pertanyaan-pertanyaan yang sama sekali gak penting dan gak jelas juga tujuannya. Dimaki-maki pakai nada tinggi, ditunjuk-tunjuk, aku sambil berdiri di depan papan tulis, mereka ngiterin aku kaya algojo siap menggal kepala. Udah lupa apa yang mereka masalahin, yang masih keinget itu mereka ngancam-ngancam soal jangan kegenitan dan gak usah kepedean di depan kakak kelas. Aku nunduk aja, nyeri banget rasanya di hati, sesek tapi aku gak nangis, beneran gak nangis blas, cuma inget Mama aja :'( dan penutupannya, temen-temen yang tadi anterin aku disuruh ikut masuk, tapi mereka gak diapa-apain cuma dibilang jangan ketularan kepedean kaya aku. Setelah itu pulang, sampai di kamar aku diem aja ditanyain pembimbing (karena mereka tau aku disidang temen2nya), dan sepanjang malam itu, aku cuma pengen pulang.

Kejadian pembullyan ini bukannya sebentar, sampailah ke waktu ujian caturwulan, ini juga mimpi buruk banget, konsentrasi belajar buyar karena lebih serem ngebayangin bakal duduk sama anak kelas 2 MTs selama ujian. Apalagi pas tau dapet kelasnya sama kelas yang ada Genk Nightmare di dalamnya. Fiuuuuhhh.. Tiap melangkah mau ujian, nunduuuk aja sepanjang jalan, mau masuk kelas dihadang dulu, trus disindir-sindir dipanggilin teman-teman mereka, jadi mereka saut-asutan dari kelas lain, jadi aku berusaha masuk kelas di jam-jam mepet mulai ujian, trus selesaiin cepet-cepet biar cepet keluar, gtuuuu terus selama ujian...

Bisa survive selanjutnya, walaupun bullyan tak juga reda, tapi lama-lama kenalan di kelas 3 Mts juga makin nambah, dan itu ternyata berdampak juga meredam "kedzoliman" mereka.

Sampai pas saat Ujian Akhir (mau naik kelas), lagi-lagi kebagian duduk sama anak kelas 2 MTs, daaaaaan ya Allah duduknya sebangku sama mbak yang paling judeees and juteeek and galaaak and pedees des des hot hot pop!! Jadi selain ujian naik kelas, aku juga bakalan menjalani ujian hidup :( udah nangis duluan pas tau.. tapi apa daya, harus tetap ujian kan??? jadi sekali lagi, aku menjalani hari-hari paling membuat tertekan.. Mau masuk ruangan aja, dia sama teman-temannya udah teriak-teriak: heh, masa aku duduk sama dia coba? iih males bgt,,, (disautin: sini aku aja yg duduk sama dia, emang dia berani apa... ) dll. dll..

Pas hari ke berapa ujian gitu, ni mbak-mabk judes tiba-tiba ngajakin aku ngomong: "kamu tau gak Tari ini darimana asalnya?" (sambil nunjuk soal ujian dia, ternyata dia nanyain jawaban).. aku langsung tunjuk di pilihan hurufnya, trus dia nanya lg: "yakin? bener ya?" ,, aku cuma ngangguk (pokoknya ga berani ngomong apapun)..

Pas udah kelar ujian, tiba-tiba dia nyamperin trus bilang: "makasih ya tadi, jawabannya bener." Lagi-lagi aku cuma diem trus pergi..

Sejak kejadian itu, keadaan mulai membaik.. Bullyan masih ada dari beberapa orang, tapi genknya mbak judes tadi udah adem. Mereka malah jadi baik, pernah aku dipanggil ke kamar mereka, kirain mau disidang lagi, ee cuma diajak ngobrol (suer aku keder bgt)... Alhamdulillah, gegara jawab satu soal ujian, satu persoalan hidup juga ikut terselesaikan hehehe... (eh iya, setelah baikan, barulah denger cerita dari mereka kalau sebenernya mereka ikut judes dll tanpa tau juga alasannya apa, ya semacam solidaritas angkatan aja, yang lain judesin, ikutaaaaan ... ya elaaah.. dan gak ada hubungannya juga sama aku ngefans mba Nanas atau ga).. Tapi kalau buat para "pembully titik penghabisan", sampai mereka lulus aku gak tau apa alesan mereka sebenernya, dan gak pernah ada kesempatan juga untuk cari tau, mereka lulus, masalah kelar... but,,, jejaknya masih membekas di hati (ehem).. Believe me, it hurts me a lot, it changes me too but.. it grows me as well..

Fiuuuh,, tarik nafaaaas, buang perlahan.. tarik lagi, buang lagi, ulang sampai 3 kali.. Ga gampang menuliskan hal-hal menyakitkan masa lalu, membuka luka lama sedikit-sedikit, perihnya kerasa lagi, nyeri, kaya koreng dipaksa pipilin dikit-dikit trus dikasih air garem T__T 

Aku gak tau gimana mau kasih closing statement di cerita ini. Pengennya sih kasih pesan-pesan soal dampak bullying dan mengajak semua buat STOP BULLYING dimanapun pada siapapun dalam kondisi apapun. Tapiiii... ah I am not that good hahahaa.. Buat aku pribadi, pengalaman menyakitkan ini, yang aku alami justru semasa sekolah di pondok, adalah satu bagian kecil aja dari keseluruhan kehidupan pondok yang luar biasa. Dan di dalam blog ini, dengan beragam cerita lain dari teman-teman semua, bisa dilihat betapa dunia pondok layaknya kehidupan dunia luas, semua detil peristiwa masing-masing santri punya makna dan pelajaran sendiri-sendiri. Rasa sakit dan terhinanya saat jadi korban bullying memang sampai sekarang juga gak bisa ilang, tapi ratusan kenangan indah selama di sana jauuuuh lebih sering jadi penghibur saat sepi, bahkan trauma akan bullying itu tidak akan menjadikanku menyesal pernah di sana.



Terima Kasih, Assalaam..  ^^

Ditulis oleh: Septia Putri

0 komentar:

Posting Komentar